Selasa, 12 Oktober 2010

Tulus, Ikhlas & Tanpa Pamrih

Pepatah yang mengatakan, ringan sama dijinjing berat sama dipikul adalah mereflesikan suatu Team Work yang solid. Selain beban akan semakin ringan, hasil yang dicapai juga akan semakin optimal. Peranan Team Work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target dari suatu organisasi. Tanpa adanya Team Work yang tangguh, selain terbuka peluang menuju kegagalan, hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. "Great achievement is usually born of great sacrifice, and is never the result of selfishness" Napoleon Hill. Untuk membangun Team Work yang tangguh maka :

  1. Semua orang yang terlibat dalam Team Work harus benar-benar memahami dan mengerti dengan Visi dan Misi organisasi. Jika kondisi ini telah terpenuhi, selain akan menghilangkan sikap tidak percaya maka tujuan yang ingin dicapai akan semakin mudah direalisasikan karena semuanya telah terfokuskan dengan baik pada target yang ingin dicapai.
  2. Siapapun yang terlibat dalam suatu Team Work, harus mau membuka diri/transparan. Yang namanya rahasia, sedini mungkin disirnakan. Jika ada permasalahan yang timbul, setiap orang dalam Team Work akan berusaha seoptimal mungkin memberikan solusi pemecahan. Jika senang akan sama-sama dinikmati, begitu juga sebaliknya.
  3. Selalu tekankan dalam Team Work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
  4. Setiap orang yang berada dalam Team Work memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati dan menghargai.
  5. Berfikiran positif. Ini adalah salah satu hal fundamental yang harus dimiliki dalam team work. Yang menilai baik tidaknya diri seseorang adalah didasarkan pada apa yang ia kontribusikan, bukan semata-mata dari penampilan luarnya.
  6. Karena ini adalah untuk kepentingan bersama maka sudah sepatutnya bekerjasama dengan tulus, ikhlas dan tanpa pamrih.
  7. Rela berkorban. Motivasi utama dari perbuatan mulia ini adalah demi kesuksesan bersama dalam suatu team Work.

Dengan dimilikinya Team Work yang tangguh maka apapun yang direncanakan akan semakin mudah direalisasikan. (dnu-disarikan dari andriewongso.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar